Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Uncategorized

TIDAK ETIS! BUNUH DIRI MENJADI TREN JOKES DI KALANGAN ANAK MUDA GORONTALO!

×

TIDAK ETIS! BUNUH DIRI MENJADI TREN JOKES DI KALANGAN ANAK MUDA GORONTALO!

Sebarkan artikel ini

Suaranet.com – Beberapa kejadian bunuh diri akhir-akhir ini menggemparkan Masyarakat Gorontalo. Yang terbaru seorang perempuan berinisial LL mengakhiri hidupnya, dengan menggantung diri di kamar rumahnya di kelurahan buliide, Kota Gorontalo, pada senin 12 Juni 2023.

Alasannya terkuak karena ia stress, akibat tertipu melalui pinjaman online. Korban ditipu dengan mengirimkan uang sebanyak juta 3,2 Juta terlebih dahulu agar bisa mendapat pinjaman sebanyak 15 juta.
Perlu diketahui bahwa orang bunuh memiliki beberapa alasan diantaranya, masalah sosial seperti bullying, dikhianati oleh sahabat atau pasangan. Lalu ada juga orang yang bunuh diri karena depresi yang tidak tertangani sehingga mental mereka hancur. Ada juga orang yang bunuh diri karena perilaku Implusif, sebuah dorongan secara spontan yang secara bersamaan muncul dari pikiran negatif.

Example 300x600

Masalahnya kejadian bunuh diri ini menjadi trend dikalangan anak muda gorontalo sekarang. Beberapa diantaranya menjadikan bunuh diri sebagai bahan candaan. Hal ini tentu terkesan tidak etis. Walaupun bunuh diri adalah hal yang salah namun tidak sepatutnya menjadikan itu sebagai bahan candaan, karena itu bisa menyinggung perasaan pihak keluarga yang ditinggalkan.
Melihat banyaknya kejadian bunuh diri akhir-akhir ini mungkin sebaiknya kita lebih peka dengan perasaan orang lain, dan tidak meremehkan perasaan mereka. Dikutip dari galamedianews.com, Seorang Petarung UFC bernama Paddy Pimblet, pada momen kemenangannya atas Jordan Leavitt pada hari Sabtu, 23 Juli 2022. Pada berkata, “ Saya bangun pada hari Jum’at pagi pukul 04.00 dengan pesan bahwa salah satu teman saya (Ricky) di rumah telah bunuh diri. Kejadian itu terjadi 5 jam sebelum penimbangan berat badan saya, jadi Ricky kemenangan ini saya persembahkan untukmu. Tetapi ada stigma di dunia ini bahwa pria tidak boleh curhat ketika punya masalah.
Tolong dengar, jika kamu adalah pria dan memiliki beban atau masalah yang terlalu berat dan kamu berpikir bahwa satu-satunnya cara untuk menyelesaikannya dengan bunuh diri, tolong bicaralah (curhat) kepada seseorang. Saya lebih baik mendapati teman saya menangis dipundak saya daripada harus menghadiri pemakamannya minggu depan.” Kalimat dari Paddy Pimblet ini menjadi viral dan telah ditonton di youtube sebanyak 6 juta penonton.
Perihal bunuh diri adalah hal yang sangat salah, tapi tidak perlu menjadikannya bahan bercandaan, apalagi dengan konteks mengejek, tentu itu adalah hal yang berlebihan dan akan melukai perasaan pihak keluarga yang ditiggalkan. (Elson Ahmad)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *