TIDAK ETIS! BUNUH DIRI MENJADI TREN JOKES DI KALANGAN ANAK MUDA GORONTALO!

- Jurnalis

Kamis, 15 Juni 2023 - 11:09

URL berhasil dicopy

URL berhasil dicopy

Suaranet.com – Beberapa kejadian bunuh diri akhir-akhir ini menggemparkan Masyarakat Gorontalo. Yang terbaru seorang perempuan berinisial LL mengakhiri hidupnya, dengan menggantung diri di kamar rumahnya di kelurahan buliide, Kota Gorontalo, pada senin 12 Juni 2023.

Alasannya terkuak karena ia stress, akibat tertipu melalui pinjaman online. Korban ditipu dengan mengirimkan uang sebanyak juta 3,2 Juta terlebih dahulu agar bisa mendapat pinjaman sebanyak 15 juta.
Perlu diketahui bahwa orang bunuh memiliki beberapa alasan diantaranya, masalah sosial seperti bullying, dikhianati oleh sahabat atau pasangan. Lalu ada juga orang yang bunuh diri karena depresi yang tidak tertangani sehingga mental mereka hancur. Ada juga orang yang bunuh diri karena perilaku Implusif, sebuah dorongan secara spontan yang secara bersamaan muncul dari pikiran negatif.

Masalahnya kejadian bunuh diri ini menjadi trend dikalangan anak muda gorontalo sekarang. Beberapa diantaranya menjadikan bunuh diri sebagai bahan candaan. Hal ini tentu terkesan tidak etis. Walaupun bunuh diri adalah hal yang salah namun tidak sepatutnya menjadikan itu sebagai bahan candaan, karena itu bisa menyinggung perasaan pihak keluarga yang ditinggalkan.
Melihat banyaknya kejadian bunuh diri akhir-akhir ini mungkin sebaiknya kita lebih peka dengan perasaan orang lain, dan tidak meremehkan perasaan mereka. Dikutip dari galamedianews.com, Seorang Petarung UFC bernama Paddy Pimblet, pada momen kemenangannya atas Jordan Leavitt pada hari Sabtu, 23 Juli 2022. Pada berkata, “ Saya bangun pada hari Jum’at pagi pukul 04.00 dengan pesan bahwa salah satu teman saya (Ricky) di rumah telah bunuh diri. Kejadian itu terjadi 5 jam sebelum penimbangan berat badan saya, jadi Ricky kemenangan ini saya persembahkan untukmu. Tetapi ada stigma di dunia ini bahwa pria tidak boleh curhat ketika punya masalah.
Tolong dengar, jika kamu adalah pria dan memiliki beban atau masalah yang terlalu berat dan kamu berpikir bahwa satu-satunnya cara untuk menyelesaikannya dengan bunuh diri, tolong bicaralah (curhat) kepada seseorang. Saya lebih baik mendapati teman saya menangis dipundak saya daripada harus menghadiri pemakamannya minggu depan.” Kalimat dari Paddy Pimblet ini menjadi viral dan telah ditonton di youtube sebanyak 6 juta penonton.
Perihal bunuh diri adalah hal yang sangat salah, tapi tidak perlu menjadikannya bahan bercandaan, apalagi dengan konteks mengejek, tentu itu adalah hal yang berlebihan dan akan melukai perasaan pihak keluarga yang ditiggalkan. (Elson Ahmad)

Berita Terkait

Kelurahan Dulalowo di Gorontalo, Teladan Program Kampung Keluarga Berkualitas
Pemilik Lahan Tolak Cicilan, Akses Jalan di Bone Bolango Terancam
Teknisi Handphone Palsu Ditangkap Berhasil Mencuri dan Menjual Kembali Barang Korban
Kendaraan Dinas Kabupaten Gorontalo Tertinggal Bayar Pajak
Rapat Paripurna : Rekomendasikan Penyelesaian Masalah-Masalah Kritis dalam LKPJ Gubernur Tahun 2023
Indriani Dunda Pastikan Penyaluran Bantuan Modal Usaha di Dulomo Utara
KPU Bone Bolango Gelar Bimtek Tungsura dan Sirekap, Persiapan Hadapi Pemilu 2024
Peningkatan Kasus DBD di Kabupaten Bone Bolango, Pemerintah Gencar Lakukan Penanggulangan

Berita Terkait

Selasa, 16 April 2024 - 07:26

DPRD Gorontalo Mendesak Pembentukan Pansus Aset dan Penyelesaian Masalah KPGR LKPJ

Senin, 15 April 2024 - 11:01

Fikram Salilama Sukses Gelar Open House Meriahkan Hari ke-2 Lebaran Idul Fitri 1445 H

Senin, 15 April 2024 - 10:37

Ratusan Warga Berkerumun di Open House dan Silaturahmi Adhan Dambea

Senin, 8 April 2024 - 13:26

Ratusan Pemudik Memadati Bandara Djalaludin Gorontalo Menjelang Lebaran

Senin, 8 April 2024 - 13:19

Kapolresta Gorontalo Kota Siapkan Langkah Cegah Kejahatan saat Mudik

Sabtu, 6 April 2024 - 04:36

KPU Gorontalo Gelar Rapat Koordinasi Audit Dana Kampanye

Kamis, 4 April 2024 - 08:29

Persiapan Matang Operasi Ketupat Otanaha 2024: Gorontalo Siap Amankan Idul Fitri

Kamis, 4 April 2024 - 08:18

Komisi I DPRD Percepat Penyelesaian Sengketa Lahan Bandara

Berita Terbaru