Example 325x300
Example floating
Example floating
Info NetizenProv.Gorontalo

KPU Gorontalo Perkenalkan Pasangan Maskot Baru untuk Pilkada 2024

×

KPU Gorontalo Perkenalkan Pasangan Maskot Baru untuk Pilkada 2024

Sebarkan artikel ini

SUARANET.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo meluncurkan maskot baru untuk Pilkada 2024. Maskot yang sebelumnya hanya menampilkan hiu paus jantan, kini hadir dengan pasangannya.

Hiu paus jantan bernama Dago (Pilkada Gorontalo) kini ditemani hiu paus betina bernama Dangi (Damai Berintegritas).

Example 300x600

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadlyanto Koem, mengumumkan perubahan ini pada acara Media Gathering, Senin (20/5/2024). Keputusan ini diambil setelah menerima kritik dan saran dari masyarakat serta penggiat pemilu.

Koem menjelaskan bahwa sebelumnya maskot hanya menggambarkan hiu paus jantan dengan pakaian adat Payunga atau makuta, namun kini maskot juga menampilkan hiu paus betina dengan pakaian adat Walimomo dan sunti.

“Masukan dari masyarakat sangat kami pertimbangkan, Kami tidak ingin ada bias gender di pilkada nanti. Dengan adanya pasangan hiu paus jantan dan betina yang memakai pakaian adat, ini menjadi simbol budaya dan pariwisata Gorontalo,” ujar Koem.

Adapun Filosofi Maskot Pilkada Provinsi Gorontalo Tahun 2024

Ramah dan Penuh Nuansa Adat Pilkada di Provinsi Gorontalo dikemas dengan suasana ramah, riang, dan penuh nuansa adat Gorontalo. Maskot hiu paus dipilih untuk melambangkan kontestasi ini.

Daya Tarik Pariwisata Hiu paus, spesies ikan raksasa yang jinak dan ramah dengan manusia, merupakan daya tarik pariwisata Gorontalo yang mendunia. Desain maskot ini adalah karya putra Gorontalo, Awaludin Nur, yang memenangkan lomba desain maskot Pilkada 2024.

 

Hiu paus yang besar dengan dua mata kecil dan lima pasang insang melambangkan sejarah kepemimpinan Gorontalo yang terbentuk dari “duwo limo lo pohalaa”.

Maskot memakai baju adat Gorontalo, Payunga Tilabatayila, yang digunakan dalam kegiatan adat sakral serta acara seremonial pemerintahan, nasional, dan promosi budaya daerah.

Warna baju adat maskot ini adalah ungu, warna kebangsawanan tertinggi di Gorontalo yang melambangkan keanggunan, kesetiaan, dan kewibawaan.

Maskot jantan membawa paku coblos yang menandakan proses pemilihan dengan coblosan paku di surat suara. Maskot betina memegang surat suara, menunjukkan keterlibatan aktif dalam memberikan hak suara.

Terdapat logo KPU di sebelah kiri maskot yang menandakan bahwa Pilkada serentak ini diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum berdasarkan ketentuan perundang-undangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *