Example 325x300
Example floating
Example floating
Info NetizenKab.Bone BolangoProv.Gorontalo

Mentan Ajak Petani Maksimalkan Pompanisasi Tingkatkan Produktivitas

×

Mentan Ajak Petani Maksimalkan Pompanisasi Tingkatkan Produktivitas

Sebarkan artikel ini

SUARANET.COM, Kabupaten Bone Bolango – Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengimbau para petani di Gorontalo yang telah menerima bantuan mesin pompa air untuk memaksimalkan penggunaannya demi meningkatkan produktivitas pertanian.

Saat meninjau kegiatan pompanisasi di Desa Tunggulo, Kecamatan Kabila, Kabupaten Bone Bolango, Mentan menyatakan bahwa pemanfaatan mesin pompa air dapat meningkatkan hasil panen hingga tiga kali lipat dalam satu tahun.

Example 300x600

“Pompanisasi bisa kita gunakan sebagai solusi cepat saat Indonesia mengalami kekeringan panjang,” tegasnya.

Ia menambahkan, bahwa pemerintah provinsi dan kabupaten harus menelusuri setiap sungai yang memiliki cukup air agar bisa mengalirkannya ke lahan persawahan kering, sehingga produksi bisa dilakukan secara efektif.

“Cara ini terbukti mampu meningkatkan produktivitas, sehingga pangan dalam negeri berada dalam posisi aman. Dengan pompanisasi, perekonomian desa bisa menjadi lebih kuat dan produktif,” ujar Mentan.

Program pompanisasi ini merupakan salah satu inisiatif Kementerian Pertanian untuk mempercepat peningkatan produksi padi dan jagung melalui optimalisasi lahan rawa serta peningkatan indeks pertanaman padi pada lahan sawah tadah hujan.

Dalam kunjungan tersebut, Mentan juga menyerahkan bantuan benih jagung sebanyak 30 ton, benih padi 55 ton, dan 21 unit mesin pompa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *