Example 325x300
Example floating
Example floating
Info NetizenKab.Gorontalo

Petani Keluhkan Pupuk NPK Phonska Diduga Terbuat dari Batu Kerikil

×

Petani Keluhkan Pupuk NPK Phonska Diduga Terbuat dari Batu Kerikil

Sebarkan artikel ini

SUARANET.COM, Kab. Gorontalo – Petani di Kabupaten Gorontalo mengeluhkan kandungan pupuk NPK Phonska yang diduga bercampur batu kerikil. Pupuk yang biasanya digunakan untuk menyuburkan tanaman ini kini menjadi sumber keluhan bagi para petani.

Keluhan tersebut pertama kali disampaikan oleh Mulis Moge melalui akun media sosial Facebook miliknya. Dalam postingannya, Mulis membagikan video yang menunjukkan pupuk NPK Phonska yang direndam dalam air. Dalam video tersebut, pupuk tidak larut sepenuhnya, hanya meninggalkan gumpalan yang diduga sebagai batu kerikil. Selain itu, warna air rendaman berubah keruh seperti lumpur.

Example 300x600

Video yang diunggah pada Kamis, 6 Juni 2024, tersebut telah ditonton ratusan ribu kali dan memicu berbagai komentar dari warganet lainnya. Banyak dari mereka juga mengalami masalah yang sama dengan pupuk NPK Phonska.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Gorontalo, Darwan Usman, menyatakan bahwa pihaknya telah menerima informasi mengenai keluhan tersebut.

Darwan menjelaskan bahwa dinasnya telah menginstruksikan jajarannya untuk segera menghubungi distributor pupuk NPK Phonska untuk melakukan klarifikasi. Langkah ini diambil agar para petani dapat mengetahui dengan pasti kandungan dari pupuk tersebut.

Sebagai informasi, pupuk NPK Phonska merupakan salah satu jenis pupuk yang disubsidi oleh pemerintah, sehingga harganya lebih murah dan terjangkau bagi petani.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *