Example floating
Example floating
Example 728x250
Info NetizenProv.Gorontalo

KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rakor Persiapan PSU dan Perbaikan DCT

×

KPU Provinsi Gorontalo Gelar Rakor Persiapan PSU dan Perbaikan DCT

Sebarkan artikel ini

SUARANET.COM, Gorontalo – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Gorontalo mengadakan rapat koordinasi untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) dan persiapan perbaikan daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Provinsi Gorontalo Dapil 6. Rapat ini diselenggarakan pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait Pemilu 2024.

Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Fadliyanto Koem, dalam wawancara menyampaikan bahwa mereka telah mengundang lima partai politik yang belum memenuhi syarat gender 30 persen serta Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) untuk memberikan penjelasan mengenai tata cara pelaksanaan PSU di Dapil 6 Provinsi Gorontalo.

“Kami mengundang lima partai dan juga Bawaslu untuk menyampaikan penjelasan terkait tata cara pelaksanaan PSU di Dapil 6 Provinsi Gorontalo,” ujar Fadliyanto Koem.

Selain itu, rapat tersebut juga membahas proses pencalonan yang harus dipenuhi oleh kelima partai politik sesuai dengan putusan MK, yaitu melakukan perbaikan daftar calon tetap. Fadliyanto menambahkan bahwa jadwal perbaikan DCT akan dimulai dari tanggal 19 hingga 21 Juni 2024.

“Kelima partai politik akan memasukkan data DCT-nya mulai dari tanggal tersebut,” pungkasnya.

Lebih lanjut, Fadliyanto Koem menginformasikan bahwa pemungutan suara ulang akan dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2024. Ia menegaskan bahwa mekanisme DCT akan tetap sama seperti sebelumnya, yakni mengikuti prosedur administrasi yang sudah ditetapkan.

“Untuk mekanismenya sama seperti sebelumnya, yaitu tertib administrasi serta persyaratan administrasi dan lain sebagainya,” tuturnya.

Dengan langkah ini, KPU Gorontalo berharap semua pihak dapat berpartisipasi secara aktif demi kelancaran proses demokrasi di Provinsi Gorontalo.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *