Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita PilihanProv.Gorontalo

Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo Tinjau KPU Provinsi: Evaluasi PSU dan Tahapan Pilkada

×

Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo Tinjau KPU Provinsi: Evaluasi PSU dan Tahapan Pilkada

Sebarkan artikel ini

SUARANET.COM, Gorontalo – Komisi I DPRD Provinsi Gorontalo, yang dipimpin langsung oleh Ketua Komisi I AW Thalib, melakukan kunjungan kerja ke KPU Provinsi Gorontalo untuk membahas evaluasi pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) dan peninjauan tahapan Pilkada serentak 2024.

Dalam wawancara bersama media, AW Thalib menyampaikan bahwa PSU yang dilaksanakan beberapa waktu lalu dinilai sukses, meskipun tingkat partisipasi pemilih menurun dari 86 persen pada pemilu bulan Februari menjadi 76 persen.

“Angka partisipasi 76 persen cukup bagus mengingat biasanya masyarakat cenderung jenuh untuk memilih kembali,” ujar Thalib.

Ia juga menambahkan bahwa proses rekapitulasi sementara masih berlangsung di tingkat kabupaten dan provinsi sebelum dibawa ke tingkat nasional.

“Masih ada kemungkinan untuk gugatan hasil PSU, tetapi kita berharap tidak ada lagi hambatan yang mempengaruhi proses lebih lanjut,” tambahnya.

Di sisi lain, Thalib juga menyampaikan bahwa dalam persiapan Pilkada, pendataan daftar pemilih atau coklit di masing-masing wilayah telah selesai dengan cepat.

“Provinsi Gorontalo mendapatkan prestasi sebagai yang tercepat dalam pelaksanaan coklit,” katanya.

Komisi I memberikan apresiasi kepada KPU dan seluruh jajarannya atas kerjasama yang baik. Saat ini, proses pendaftaran calon independen yang melibatkan tujuh pasangan calon masih dalam tahap perbaikan dokumen. Selain itu, laporan harta kekayaan penyelenggara negara (LHKPN) harus disampaikan 21 hari sebelum pelantikan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *