Example floating
Example floating
Example 728x250
Bawaslu Kota GorontaloKota Gorontalo

Bawaslu Kota Gorontalo Gelar Roadshow Pencegahan Pilkada Sejuk dan Damai

×

Bawaslu Kota Gorontalo Gelar Roadshow Pencegahan Pilkada Sejuk dan Damai

Sebarkan artikel ini

Suaranet.com, Gorontalo – Menyongsong Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Bawaslu Kota Gorontalo melaksanakan inovasi terbaru berupa Roadshow Pencegahan bertajuk “Bawaslu Kota Menyapa; Menuju Pilkada Sejuk dan Damai”. Kegiatan ini bertujuan untuk meminimalisir potensi pelanggaran selama proses Pilkada dengan menitikberatkan pada upaya pencegahan sejak dini.

Anggota Bawaslu RI, Dr. Herwyn Malonda, menekankan pentingnya keberanian pengawas pemilu dalam pencegahan, bukan hanya dalam penindakan.
“Kita memerlukan Pengawas Pemilu yang berani diawal melakukan pencegahan, tidak hanya berani di akhir dalam melakukan penindakan, agar sengketa dan pelanggaran terminimalisir,” ujar Herwyn.

Example 325x300

Pernyataan ini dianggap sebagai pesan penting bagi para pengawas agar tidak hanya fokus pada jumlah pelanggaran yang ditindak, tetapi juga pada efektivitas pencegahan.

Dalam konteks Pilkada, pencegahan harus diutamakan agar seluruh pemangku kepentingan memahami aturan main yang berlaku.

Roadshow Pencegahan yang diinisiasi oleh Bawaslu Kota Gorontalo ini melibatkan jajaran Bawaslu Kota dan unsur Sentra Gakkumdu, serta mengunjungi Sekretariat Pemenangan seluruh pasangan calon.

Pertemuan tersebut tidak hanya menjadi ajang silaturahmi, tetapi juga sarana untuk berdiskusi dan bersosialisasi tentang pengawasan Pilkada.

Ketua Bawaslu Kota Gorontalo, Sukrin Taib, turut memberikan pesan bagi para pengawas pemilu.

“Jadilah pengawas yang humanis, beretika dan santun. We are not destroyer but a guardian of democracy. Prestasi terbesar seorang pengawas adalah kemampuan pengawas mengurangi pelanggaran, bukan pada banyaknya penanganan pelanggaran,” ujarnya.

Giat ini disambut antusias oleh para peserta, di mana terjadi komunikasi yang efektif selama pelaksanaan Roadshow. Bawaslu Kota Gorontalo merasa bangga karena kegiatan ini merupakan inovasi yang belum pernah dilakukan sebelumnya, tidak hanya di Gorontalo tetapi mungkin juga di tingkat nasional.

Pelaksanaan Roadshow ini juga didukung penuh oleh jajaran Bawaslu Kota, termasuk Erman Katili selaku Koordinator Divisi Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat (P3S), Herlina Antu sebagai Koordinator Divisi Hukum, Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa (HP2H), serta Berny Romeo sebagai Koordinator Sekretariat Bawaslu Kota. Mereka bersama-sama bekerja keras untuk menciptakan Pilkada yang aman, damai, dan minim pelanggaran.

Dengan semangat kolaborasi ini, Bawaslu Kota Gorontalo berharap dapat menciptakan Pilkada yang sejuk, damai, dan berintegritas, sesuai dengan slogan Bawaslu “cegah, awasi, tindak”.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *