Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita PilihanDaerahInfo NetizenKab.BoalemoKab.Bone BolangoKab.GorontaloKab.Gorontalo UtaraKab.PohuwatoKota GorontaloNasionalNewsPeristiwaPolri NewsProv.GorontaloPublik Figur

Operasi Otanaha 2023: Sasar Kelengkapan Kendaraan dalam Perkampungan Desa

×

Operasi Otanaha 2023: Sasar Kelengkapan Kendaraan dalam Perkampungan Desa

Sebarkan artikel ini

 Polda Gorontalo – Dalam upaya untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya berlalu lintas yang aman dan tertib, Polda Gorontalo kembali melaksanakan Operasi Zebra Otanaha 2023. Operasi ini secara resmi dilepas oleh Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Angesta Romano Yoyol, melalui upacara pelepasan yang digelar di Mapolda Gorontalo, Senin (04/09/23).

Operasi yang rencananya akan berlangsung selama dua pekan ke depan ini, bertujuan untuk memberikan edukasi berlalu lintas kepada pengendara, khususnya di wilayah perkampungan pelosok.

Example 300x600

“Kami mencatat bahwa pedesaan dan perkampungan saat ini telah mengalami perubahan signifikan dibandingkan dengan masa lalu. Meskipun berada di wilayah pelosok, kini perkampungan tersebut tidak jauh berbeda dengan kota-kota besar.” ungkap Irjen Pol. Angesta Romano Yoyol, kepada wartawan.

Operasi zebra Otanaha

“Banyak masyarakat di desa-desa telah memiliki kendaraan bermotor, namun belum tentu mereka memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). Oleh karena itu, operasi ini tujuannya memastikan warga desa pelosok memiliki SIM, sekaligus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya tertib berlalu lintas.” sambung Kapolda.

Dalam pandangan Kapolda Gorontalo, fokus operasi kali ini adalah memastikan bahwa warga desa yang memiliki kendaraan bermotor juga diimbangi dengan kepemilikan SIM. Hal ini sangat penting untuk memastikan bahwa setiap pengemudi di jalan raya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang cukup untuk berkendara dengan aman.

Selain fokus pada kepemilikan SIM, Kapolda Gorontalo juga menginstruksikan satuan lalu lintas untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang batas usia pengguna motor. Dalam banyak kasus, anak-anak sekolah yang belum mencapai batas usia sah untuk mengemudikan kendaraan bermotor, seringkali ditemukan menggunakan motor untuk pergi ke sekolah.

Operasi Zebra Otanaha

(Ilustrasi: Google)

“Hal ini merupakan masalah serius yang dapat membahayakan jiwa anak-anak dan orang lain di jalan raya. Hal ini juga bertujuan untuk melindungi generasi muda dari risiko kecelakaan yang dapat mengakibatkan cedera serius atau bahkan kematian.” tegasnya.

Operasi Zebra Otanaha bukan hanya sekadar tindakan penegakan hukum. Ini adalah langkah konkret yang diambil oleh Polda Gorontalo untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memiliki SIM saat mengemudi dan mematuhi aturan batas usia pengguna motor.

Dengan melibatkan masyarakat di wilayah pelosok, operasi Otanaha 2023 ini bertujuan untuk mengedukasi mereka tentang peraturan lalu lintas dan keselamatan berkendara.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *