Example 325x300
Example floating
Example floating
Kab.Bone Bolango

Upaya Bersama Pemulihan Lingkungan : Penanaman Pohon Serentak di Pondok Pesantren Hubulo

×

Upaya Bersama Pemulihan Lingkungan : Penanaman Pohon Serentak di Pondok Pesantren Hubulo

Sebarkan artikel ini

SUARANET.COM – KAB. BONE BOLANGO, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, bersama Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Bone Bolango dan Pemerintah Provinsi Gorontalo, menggelar kegiatan penanaman pohon serentak di Pondok Pesantren Hubulo, Desa Keramat, Kecamatan Tapa, Kabupaten Bone Bolango.

Acara ini menjadi bagian dari rangkaian penanaman pohon secara serentak di seluruh Indonesia, yang dipimpin langsung oleh Wakil Presiden RI.

Example 300x600

Kepala BPDAS Bone Bolango, Heru Permana, melaporkan bahwa penanaman dilakukan di lahan seluas 1,5 hektar dengan bibit pohon mangga, rambutan, alpukat durian, dan jambu kristal. Sebanyak 250 bibit tersebut berasal dari Persemaian Permanen Toyidito dan akan diserahkan kepada Pondok Pesantren Hubulo.

“Mari kita tanamkan masa depan hijau berkelanjutan melalui partisipasi aktif semua pihak dalam meningkatkan aksi konkret agar terwujud dunia yang lebih baik dan berkelanjutan,” ajak Heru.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Provinsi Gorontalo, Fayzal Lamakaraka, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kelanjutan dari penanaman pohon pada 30 Desember 2023, sesuai arahan Wakil Presiden RI.

Penanaman akan terus dilakukan sepanjang musim penghujan 2023/2024, dengan rencana lanjutan pada bulan Februari-April 2024 di seluruh Indonesia. Lokasi penanaman dipilih di lahan kritis sebagai bagian dari upaya pemulihan kualitas lingkungan hidup.

“Kegiatan yang kita laksanakan hari ini merupakan rangkaian dari penanaman pohon yang telah kita lakukan pada 30 Desember kemarin sekaligus melaksanakan arahan Wakil Presiden RI untuk terus melakukan penanaman sepanjang musim penghujan,” ungkap Fayzal.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut 200 peserta yang terdiri dari aktivis pecinta alam dan lingkungan, OPD, ASN, masyarakat, dan para santri. Sekretaris Daerah Kabupaten Bone Bolango, Ishak Ntoma, dan Kepala Pondok Pesantren Hubulo, Yanti Monoarfa, juga turut serta dalam kegiatan penanaman pohon yang memiliki dampak positif terhadap lingkungan dan keberlanjutan.

(M03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *