Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita PilihanKab.BoalemoProv.Gorontalo

Kunjungan Kerja Komisi II: Upaya Peningkatan Fasilitas dan Aksesibilitas di UPTD Pelabuhan Perikanan Tilamuta

×

Kunjungan Kerja Komisi II: Upaya Peningkatan Fasilitas dan Aksesibilitas di UPTD Pelabuhan Perikanan Tilamuta

Sebarkan artikel ini
Kunjungan kerja Komisi II di Pelabuhan Perikanan Tilamuta

SUARANET.COM, Gorontalo – Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo melakukan Kunjungan kerja ke UPTD Pelabuhan Perikanan Tilamuta, dalam rangka memantau kegiatan di Tempat pelelangan ikan (TPI)  yang terkait dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun ini.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Gorontalo, Wasito Sumawiyono menyatakan bahwa Fokus utama kunjungan kali ini adalah meninjau kegiatan pelelangan di tahun 2024.

Example 300x600

“Kami berkomitmen untuk memastikan bahwa dana APBD yang dialokasikan untuk kegiatan di TPPi benar-benar digunakan secara efektif dan transparan,” ungkap Wasito.

 

Salah satu kegiatan yang menjadi perhatian adalah rencana perbaikan dan penataan kawasan depan TPI agar kawasan ini bisa tertata dengan baik.

“Kami berencana untuk melakukan paving area depan guna meningkatkan drainase dan memperluas tempat parkir. Hal ini bertujuan agar kawasan tersebut lebih tertata dengan baik dan mengurangi genangan air yang sering terjadi,” ujar Wasito.

 

Dalam upaya perbaikan infrastruktur, terdapat rencana anggaran sekitar 200 juta untuk pembangunan dermaga.

“Kami sadar akan kondisi kerusakan yang mulai terjadi pada dermaga ini. kami akan menggunakan anggaran tersebut untuk memperbaiki struktur dermaga sehingga kapal-kapal yang berlabuh dapat merasa lebih nyaman,” tambahnya.

 

Namun, terdapat kendala utama yang dihadapi adalah akses jalan menuju TPI yang masih belum optimal. Bercampurnya jalan umum dengan jalan menuju TPI sering kali menjadi hambatan. Penerapan peraturan daerah terkait juga sulit dilakukan karena campur aduknya lalu lintas umum dengan akses ke TPI

 

Dalam mengatasi kendala tersebut, DPRD Provinsi Gorontalo berencana untuk melakukan perluasan dermaga sekitar satu hektar.

“Perluasan ini akan memungkinkan penambahan kegiatan seperti reklamasi dan penimbunan, memperlancar aktivitas di TPI sesuai kebutuhan,” ungkap Wasito.

 

Kunjungan ini menegaskan komitmen DPRD Provinsi Gorontalo untuk meningkatkan kualitas fasilitas dan aksesibilitas di TPI demi mendukung perkembangan ekonomi dan pelayanan masyarakat. Dengan adanya perencanaan yang matang, diharapkan TPI akan menjadi tempat yang lebih nyaman dan efisien bagi semua pihak yang terlibat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *