Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita PilihanPolitik

Petani Gorontalo Berharap Perbaikan Tata Kelola Air dari Pasangan Nelson-Kris

×

Petani Gorontalo Berharap Perbaikan Tata Kelola Air dari Pasangan Nelson-Kris

Sebarkan artikel ini

Suaranet.com, Gorontalo – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Gorontalo, Nelson Pomalingo dan Kris Wartabone, semakin mendapatkan dukungan luas dari masyarakat, terutama dari kalangan petani, jelang Pilgub yang akan digelar pada 27 November 2024. Dukungan ini terutama diharapkan dapat mewujudkan perbaikan tata kelola air untuk kebutuhan pertanian.

Dalam dialog terbuka yang berlangsung pada Kamis (10/10/2024) di Desa Sidomulyo, Kecamatan Boliyohuto, Kabupaten Gorontalo, para petani menyampaikan harapan mereka agar pasangan Nelson-Kris dapat memperbaiki masalah air yang menjadi tantangan besar dalam kegiatan pertanian di wilayah tersebut.

Example 325x300

Petani berharap sistem pengelolaan air yang baik dapat menghindarkan lahan mereka dari banjir saat musim hujan dan kekeringan di musim kemarau.

Bambang Sudomo (43), seorang petani setempat, mengungkapkan bahwa mereka telah lama mengalami krisis air, yang menyebabkan penurunan produktivitas pertanian.

“Selama ini, kami hanya bisa panen dua kali setahun karena ketergantungan pada air tadah hujan dan sumur suntik,” ujar Bambang.

Selain masalah air, para petani juga menghadapi kendala lain seperti kelangkaan bibit dan pupuk. Keluhan ini diharapkan bisa segera diatasi melalui program-program yang dijanjikan oleh pasangan Nelson-Kris.

Kris Wartabone, yang juga menjabat sebagai anggota DPRD Provinsi Gorontalo selama empat periode, menanggapi keluhan masyarakat dengan menegaskan bahwa setiap masukan akan diperhatikan dan dicari solusinya.

Ia menjelaskan bahwa program “Petani Patriot” yang diusung oleh Nelson-Kris merupakan pengembangan dari program pertanian yang sudah berhasil sebelumnya.

“Program pertanian ini juga mencakup pembentukan badan penyangga pangan untuk memastikan harga produk pertanian tetap stabil dan menguntungkan petani,” kata Kris.

Ia menambahkan bahwa badan pengawasan distribusi pupuk dan bibit juga akan dihidupkan kembali untuk membantu para petani.

Kris juga menyampaikan rencana pengembangan 2.000 UMKM per tahun sebagai bagian dari program Nelson-Kris, yang bertujuan membantu para pedagang dengan menyediakan bantuan modal usaha. Masyarakat yang berminat akan diarahkan untuk mendaftarkan usaha mereka melalui pemerintah desa.

Penjelasan dari Kris mendapat tanggapan positif dari warga. Para petani dan pedagang yang hadir berharap pasangan Nelson-Kris dapat memenangkan Pilgub 2024 dan membawa perubahan positif, khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *