Example floating
Example floating
Example 728x250
Komisi Pemilihan UmumProv.Gorontalo

KPU Provinsi Gorontalo Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi Sirekap

×

KPU Provinsi Gorontalo Gelar Bimtek Penggunaan Aplikasi Sirekap

Sebarkan artikel ini

Suaranet.com, Gorontalo – Ketua KPU Provinsi Gorontalo, Sophian Rahmola, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) terkait penggunaan Aplikasi Sirekap untuk Pilkada 2024, Sabtu (12/10/2024) di Hotel Aston, Kota Gorontalo. Kegiatan ini dihadiri oleh KPU Kabupaten/Kota dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Provinsi Gorontalo.

Dalam sambutannya, Sophian menjelaskan bahwa bimtek ini akan dilakukan secara simultan dengan koordinasi antar pihak terkait.

Example 325x300

“Pelaksanaan bimtek ini dilakukan secara bertahap, di mana KPU Provinsi memberikan pelatihan kepada PPK, sementara pelatihan untuk KPPS dilakukan oleh KPU Kabupaten/Kota,” ujar Sophian.

Ia juga mengingatkan kepada para peserta, khususnya PPK, untuk belajar dari pengalaman pemilu sebelumnya terkait penggunaan Sirekap.

“Saya harap PPK dapat menyampaikan kepada KPPS agar mengantisipasi kendala yang mungkin muncul, baik terkait perangkat HP maupun hasil foto C-Hasil, sehingga proses pengunggahan berjalan lancar,” tambahnya.

Bimtek ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para peserta mengenai penggunaan Aplikasi Sirekap yang akan menjadi alat bantu dalam proses penghitungan dan rekapitulasi suara Pilkada 2024. Dalam kegiatan ini, peserta mendapatkan materi mulai dari pengenalan perangkat, instalasi aplikasi, simulasi penggunaan, hingga pemantauan proses submit C-Hasil.

Roy Hamrain, Anggota KPU Provinsi Gorontalo Divisi Perencanaan Data dan Informasi, turut memandu jalannya bimtek.

“Kami melakukan uji coba dan simulasi penggunaan Aplikasi Sirekap baik versi web maupun mobile, agar para peserta siap menghadapi pelaksanaan Pilkada mendatang,” jelasnya.

Dengan adanya bimtek ini, KPU berharap seluruh pihak yang terlibat dapat menjalankan tugas mereka dengan lebih efektif dan efisien menggunakan Aplikasi Sirekap, sehingga tahapan penghitungan suara pada Pilkada 2024 dapat berlangsung transparan dan akurat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *