Example 325x300
Example floating
Example floating
Berita PilihanKab.Bone Bolango

Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, Jalani Proses Adat Moloopu Pasca Dilantik

×

Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, Jalani Proses Adat Moloopu Pasca Dilantik

Sebarkan artikel ini
Photo : Istimewa

SUARANET.COM – Bone Bolango – Setelah dilantik oleh Penjabat Gubernur Gorontalo pada Senin (15/1/2024), Bupati Bone Bolango, Merlan S. Uloli, menjalani proses adat Moloopu. Upacara adat Moloopu merupakan serangkaian ritual penjemputan secara adat pejabat pemerintah dari rumah kediamannya untuk menempati rumah jabatan, yang dikenal sebagai Yiladia.

Pelaksanaan upacara adat Moloopu memiliki makna penting, menandakan bahwa pejabat yang dijemput (ta tiloopu) dalam menjalankan tugasnya harus benar-benar sesuai aturan dan tidak melanggar ketentuan adat, terutama norma agama. Bagi masyarakat, upacara ini juga merupakan wujud penghormatan dan penghargaan kepada pejabat yang memangku jabatan sebagai khalifah.

Example 300x600

 

Upacara adat Moloopu dikenal sebagai bentuk upacara pemuliaan, di mana penghargaan Pohutu Moloopu diberikan kepada pejabat tinggi seperti Gubernur (gelar Tapulu), Bupati/Walikota (gelar Tauwa), dan Camat (gelar Wulea lo Lipu).

Sesuai dengan UU Nomor 12 Tahun 2004 dan kesepakatan Musyawarah Adat, Pohutu Moloopu juga diberlakukan bagi Wakil Gubernur dan Wakil Bupati/Walikota.

Proses adat Moloopu ini memperkuat komitmen untuk menjunjung tinggi nilai-nilai adat dan norma agama dalam pelaksanaan tugas pemerintahan, serta memperkokoh hubungan antara pejabat pemerintah dan masyarakat.

(M03)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *