Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Daerah

Mahasiswa KKN MBKM UNG Bentuk Forum DESTANA di Desa Kaidundu

×

Mahasiswa KKN MBKM UNG Bentuk Forum DESTANA di Desa Kaidundu

Sebarkan artikel ini

SUARANET.COM, Kaidundu -Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Negeri Gorontalo (UNG) Jurusan Teknik Informatika Program Studi Sistem Informasi menggelar acara pembentukan forum Desa Tangguh Bencana (DESTANA) di aula PKBM Desa Kaidundu. Acara ini bertujuan meningkatkan kesadaran dan kesiapsiagaan masyarakat dalam menghadapi bencana alam di Kecamatan Bulawa.

Acara dimulai dengan sambutan dari Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Dalam sambutannya, ia menyampaikan harapannya agar forum DESTANA dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat Kecamatan Bulawa, khususnya Desa Kaidundu, untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan respons terhadap bencana.

Example 300x600

“Melalui pelatihan ini, saya berharap masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menghadapi bencana, sehingga dapat meminimalisir dampak yang ditimbulkan,” ujarnya.

Disisi lain, Kepala Desa Kaidundu menekankan pentingnya dukungan dan bimbingan dari BPBD serta kerjasama dengan mahasiswa KKN MBKM UNG dalam menyukseskan program ini.

“Kecamatan Bulawa merupakan daerah rawan bencana. Forum DESTANA yang telah dibentuk telah mencari titik-titik rawan bencana dan upaya mitigasinya. Saya berharap forum ini dapat dibina bersama dan bermanfaat bagi seluruh masyarakat Bulawa,” pungkasnya.

Selanjutnya, Kordinator Desa (Kordes) memberikan sambutan yang membahas tugas dan tanggung jawab kordinator dan Kelompok Kerja (Pokja) dalam forum DESTANA.

“Sebagai Kordes, tugas utama kami adalah memastikan semua aspek mitigasi bencana terkoordinasi dengan baik, mulai dari pemetaan risiko hingga respons saat bencana terjadi,” katanya.

“Pokja juga memiliki peran penting dalam pelaksanaan program ini, termasuk sosialisasi kepada masyarakat dan pelaksanaan pelatihan-pelatihan kesiapsiagaan,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *