Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Berita PilihanInfo NetizenKota Gorontalo

Pemkot Gorontalo Gelontorkan Dana Rp 107 Miliar untuk Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem

×

Pemkot Gorontalo Gelontorkan Dana Rp 107 Miliar untuk Tuntaskan Kemiskinan Ekstrem

Sebarkan artikel ini
Photo : Istimewa

SUARANET.COM – Kota Gorontalo – Pemerintah Kota Gorontalo berkomitmen kuat untuk mengatasi masalah kemiskinan ekstrem di wilayahnya. Dalam upaya tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo mengumumkan alokasi dana sebesar Rp 107 miliar yang diarahkan untuk menyelesaikan permasalahan kemiskinan ekstrem pada tahun 2024.

Program penanggulangan kemiskinan ini menjadi fokus utama dan menjadi prioritas bagi Pemkot Gorontalo.
Meydi N. Silangen, Kepala Bappeda Kota Gorontalo, menjelaskan rincian penggunaan dana tersebut.

Example 300x600

Sejumlah dana signifikan dialokasikan untuk berbagai kebutuhan, yakni Rp 88 miliar untuk mengurangi beban pengeluaran warga miskin, Rp 2 miliar untuk meningkatkan pendapatan, dan Rp 17 miliar untuk menurunkan jumlah kantong kemiskinan.

“Anggaran untuk penghapusan kemiskinan ekstrem tahun ini, kurang lebih Rp 107 miliar. Digunakan untuk mengurangi beban pengeluaran, meningkatkan pendapatan, dan untuk penurunan jumlah kantong kemiskinan,” ungkap Meydi.

Dana miliaran ini akan mendukung sejumlah program, termasuk pemberian bantuan kepada warga yang tergolong miskin ekstrem. Program-program tersebut mencakup pelatihan peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM), bantuan pendidikan bagi siswa miskin, bantuan untuk penyandang disabilitas, bantuan pangan non tunai daerah (BPNTD), usaha ekonomi produktif (UEP), hingga bantuan bahan pokok.

Program-program ini akan dijalankan melalui berbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Gorontalo, seperti Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Pangan, Dinas Koperasi Tenaga Kerja dan UKM, serta beberapa OPD terkait lainnya.
Meydi optimis bahwa dengan adanya program dan dana sebesar ini, angka kemiskinan ekstrem di Kota Gorontalo dapat berhasil dituntaskan.

Saat ini, presentase kemiskinan ekstrem di Kota Gorontalo sudah mencapai angka rendah 0,37 persen, mengungguli rata-rata Provinsi Gorontalo sebesar 5,73 persen, bahkan lebih rendah dari rata-rata nasional yang mencapai 9,5 persen.

“Insya Allah tahun ini, angkanya akan lebih turun lagi,” pungkas Meydi dengan optimisme.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *