Example 325x300
Example floating
Example floating
Example 728x250
Daerah

Mahasiswa KKN MBKM UNG 2024 dan Forum Destana Desa Kaidundu Laksanakan Tracking Jalur Evakuasi

×

Mahasiswa KKN MBKM UNG 2024 dan Forum Destana Desa Kaidundu Laksanakan Tracking Jalur Evakuasi

Sebarkan artikel ini

SUARANET.COM, Kaidundu – Mahasiswa KKN MBKM Jurusan Informatika, Program Studi Sistem Informasi bersama Forum Destana Desa Kaidundu, yang baru dibentuk pada 9 Mei 2024, melaksanakan kegiatan tracking jalur evakuasi pada 10 Mei 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk mengidentifikasi titik-titik sumber bencana di wilayah setempat dan menentukan jalur evakuasi yang aman bagi warga desa.

Kegiatan tracking dimulai pada pukul 08.30 dan selesai pada pukul 15.30. Tim yang terdiri dari mahasiswa KKN dan anggota Forum Destana berhasil menemukan empat titik sumber bencana.

Example 300x600

Dua di antaranya merupakan titik sumber air meluap, di mana air pernah meluap hebat dan menyebabkan banjir yang mempengaruhi wilayah sekitar. Dua titik lainnya adalah titik rawan pasang laut, di mana air laut cenderung naik dengan mudah saat terjadi pasang.

Selain itu, tim juga menemukan satu titik yang pernah mengalami bencana tanah longsor. Di titik ini, kejadian tanah longsor menyebabkan pergeseran besar-besaran tanah dan batuan, mengubah bentuk lanskap secara drastis.

Dalam upaya mitigasi bencana, tim berhasil mengidentifikasi beberapa jalur evakuasi. Mereka juga menemukan satu titik kumpul sementara dan dua titik kumpul tetap yang akan digunakan untuk mengkoordinasikan respons dalam situasi bencana dan mendukung pemulihan jangka panjang.

Kepala Desa Kaidundu Hastuti Ali Hunowu, menyampaikan apresiasi dan dukungan penuh terhadap upaya yang dilakukan oleh Forum Destana Desa Kaidundu.

Ia menegaskan pentingnya kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana alam demi melindungi keselamatan seluruh warga desa.

“Kegiatan ini merupakan langkah awal yang penting dalam membangun ketangguhan dan kesiapan Desa Kaidundu terhadap ancaman bencana alam yang bisa terjadi kapan saja,” ujarnya.

Dengan adanya jalur evakuasi yang jelas dan terstruktur, diharapkan seluruh warga desa dapat dengan cepat dan aman melakukan evakuasi saat terjadi bencana.

Tracking jalur evakuasi ini menjadi bukti nyata dari komitmen bersama antara mahasiswa KKN, Forum Destana, dan pemerintah desa dalam menciptakan lingkungan yang lebih aman dan tangguh terhadap bencana.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program Desa Tangguh Bencana (Destana) yang bertujuan untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan mitigasi bencana di tingkat desa.

Melalui identifikasi titik-titik sumber bencana dan penentuan jalur evakuasi, Desa Kaidundu kini lebih siap menghadapi potensi bencana yang mungkin terjadi di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *